Rabu, 08 Februari 2017

Tips Mahasiswa #2 : Mengatasi stres karena tugas kuliah menumpuk...

Tips Mahasiswa #2 : Mengatasi stres karena tugas kuliah menumpuk...





    Stres sering menghinggapi kita guys,sebelum beranjak lebih jauh,lebih afdol kalo kita pahami dulu apa itu stres dan penyebabnya guys..
Stres adalah suatu kondisi yang sangat umum.kondisi dimana jantung kamu  berdebar kencang, telapak tangan berkeringat, dan perut bergejolak.

Lantas Apa yang dimaksud dengan stres dan apa si penyebabnya?

    Stres adalah respon kita untuk menghadapi atau lari dari suatu keadaan guys. Bisa karena tertekan seperti gak sanggup untuk mengatasi masalah,atau sejenisnya.dan disitulah peran hasil proses pendidikan di butuhkan.mungkin ketika kamu akan menghadapi wawancara kerja,dikejar setoran,di pantau ibu kost killer buat bayar kos yang telat 3 bulan,atau malah menghadapi kalimat "aku mau ngomong sama kamu." yang terlempar dari mulut gebetan.
Setelah sedikit ada gambaran terkait stres,banyak juga kaum pelajar yang sering mengalami ini,terutama ketika di guyur tugas yang menumpuk,udah tugasnya banyak dan susah,dosennya killer pula...mantapp.

Kali ini gue mau ngasih sedikit tips buat mengatasi,atau paling gak meminimalisir stres yang ugal-ugalan saat kita di hadapkan dengan tugas banyak dan menumpuk guys..
Oke langsung aja..

1. Olahraga

    Tips pertama,olahraga..kenapa?
Sudah terbukti kalo olahraga bisa mengatasi stres dan tertekan.olahraga gak melulu yang berat2 kok,mungkin bisa jalan santai,joging atau semacamnya.ini juga bisa memunculkan ide-ide baru untuk mengerjakan tugas.yang penting coba keluarkan keringat,dan keluar untuk menghirup udara segar,supaya otak menyerap banyak oksigen.

2.Piknik tipis-tipis keluar ruangan

    Tips kedua yang bisa kamu lakukan adalah pergi keluar atau piknik tipis-tipis.bisa ke taman,mall,nonton ke bioskop bareng sahabat,nongkrong di warung sambik tingkring bersama kawan,kopi,dan pisang goreng.yang penting jangan pergi ke rumah mertua,nanti tambah stres kalau di tanya kapan lulusnya?.nah lohh..botak dah itu kepala kau.seringnya stres terjadi karena jenuh.jenuh di sebabkan karena itu2 saja yang kita lakukan.duduk,melamun,buka buku tebel buat refrensi tugas,melototin leptop,ngetik,tau kalo tugas masih banyak dan akhirnya kembali lagi melamun.datar.

3.Relaksasi diri

    Buat cewek relaksasi diri bisa ke salon,disana kegiatan salon seperti facial,smooting,hair mask atau mungkin bantuin ngitung rambut pelanggan salon yang berjatuhan..bisa.nah buat cowok bisa aja ngeGame.kenapa ngegame? Gak soal ketika otak kita stres otak juga butuh hura2.ya seperti ngGame tadi guys.akan lebih asik kalo dilakukan bareng sahabat dekat.(direkomendasikan sama sahabat gila yang kalo ketemu sahabat gila lainya,makin menggila).itu bisa buat kamu ketawa lepas.suer.

4.Ingat kembali tujuan kuliah

    Nah setelah poin2 diatas dilakuin,sekarang saatnya menghadapi hewan berbisa yang bisa menyemburkan api kapanpun secara berkala.(tugas kuliah yang numpuk,salah satunya dari dosen killer).untuk memotivasi supaya niat terkumpul,coba ingat kembali tujuan kuliah kalian untuk apa.kalo tugas gak terselesaikan,kita gak dapat nilai dan bisa ngulang,kalo ngulang lulusnya tertunda,setelah lulus tertunda,gagal dapat restu mertua dan nikahin doi.nah dambak dari gak mengerjakan tugas ini ternyata kok luar biasa sekali berbahaya ternyata.mending langsung niat,lalu kerjakan perlahan2 dengan tenang,enjoy dan keep smile guys...

5.Perbarui lingkungan tempat mengerjakan tugas

    Ini yang biasanya di anggap sepele tapi bisa memicu stres.kok bisa? Kamu banyangin aja ketika ada tugas numpuk,lingkungan buat mengerjakan juga berantakan,kamar kos misalnya,buku berantakan,tas di atas kasur,cucian belum kecuci,pakaian berserakan,laptop dan kabel carger berhamburan.gimana gak gampang stres coba?.guys,coba perbarui lingkungan tempat untuk mengerjakan tugas kamu,kalo malas merapikan kamar kos,coba pergi ke tampat lain,misal,pantai,cafe,kantin,warteg,halte,
perpus,parkiran,rumah doi,rumah temen (buat yang gak punya doi,alis jomblo) dan banyak alternatif variasi tempat lainya.ketika sudah nyaman sama lingkungan tempat yang kamu pilih, disitulah kamu enjoy mengejakan tugas.

7.Penuhi kebutuhan untuk mengerjakan tugas kuliah

    Seperti halnya nonton film kesukaan di bioskop (seringnya download,lalu nonton di kos bareng temen satu kosan) kita memenuhi kebutuhan nonton dengan cemilan dan minuman.ini berlaku sama dengan ketika mengerjakan tugas.sebelum mengerjakan tugas,coba penuhi kebutuhan kamu dulu,misalnya susu hangat,kopi hitam,cemilan,rokok (buat cowok perokok aktif) dan mendengar musik favorit.sambil denger musik favorit+ngemil+mengerjakan tugas= tuntas.

8.Pisahkan antara tugas yang mendesak dengan tugas yang masih ringan.

    Kerjakan dulu tugas yang paling mendesak,ini sudah jelas sebenernya.bagaimana kita membagi antara tugas mendesaknya hard level,medium,dan easy level.kerjakan yang hard level dulu,baru berlanjut medium dan easy.

9.Jangan sibuk Online

    Setelah membuka laptop,atau sedang browsing nyari refrensi buat senjata menyelesaikan tugas,tunda dulu hasrat untuk online,entah buka facebook,twitter,instagram,atau chattingan di Wa,dan Bbm.karena itu akan menghambat waktu buat menyelesaikan tugas kamu guys.waktumu akan terbuang sia-sia disini.ingat deadline tugas dan waktu itu berharga.

10.Kerjakan tugas dengan Konsentrasi dan fokus

 Nah sampai pada point terakhir di artikel tips mengatasi stres karena tugas menumpuk,setelah kamu melakukan semua point diatas,saatnta kamu fokus dan konsentrasi mengerjakan tugas,ketika ada kesulitan dalam mengerjakan tugas kamu,jangan ragu untuk bertanya sama temen satu kelas,atau temen organisasi internal yang kamu ikuti di kampus,diskusikan bareng2 agar lebih meringankan beban pertanyaan yang ada di kepala kamu,itu bisa menghambat stres guys.

Oke Itu aja tips mengatasi stres karena tugas yang menumpuk versi gue,semoga bermanfaat,dan perlu di ingat,sayangi,cintai dan nikmati proses pendidikan karena proses pendidikan adalah proses untuk kenambah kualitas dan nilai-nilai diri supaya lebih mempersiapkan pribadi yang sukses untuk menyelesaikan kontradiksi hidup.tugas menumpuk juga salah satu contoh kecil kontradiksi hidup,jangan lari dari masalah karena lari bukan berarti bebas.





Freelance Creative dari Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Aku ucapkan selamat datang di website personalku. Disini adalah tempat aku melabuhkan karya desain, tulisan dan konten dalam bentuk video yang aku kerjakan. Bisa dari hasil project selasai, atau karya yang aku buat melalui hasil terjemahan dari isi kepala.

0 komentar:

Posting Komentar

Butuh Jasa Desain atau Editing Video ?

Contact Me
AJOZH JOHN
+62858 6964 6661
Batang, Jawa Tengah, Indonesia