Kamis, 02 Februari 2017

Tips standar: memukul mundur kontradiksi hidup sampai menemukan solusinya....

Tips standar: memukul mundur kontradiksi hidup sampai menemukan solusinya....

Kontradiksi atau masalah  sering menghampiri hidup guys,seperti halnya masalah ekonomi,masalah sosial,masalah keJombloan,masalah putus cinta dsb..
Nah seringnya,ketika kita di hampiri masalah (termasuk gue) malah banyak ngeluhnya.dari pada banyak ngeluh mikir sana mikir sini,njedotin kepala ke tembok,atau malah nangis kelamaan di pojokan kamar,mending kita tenang,lalu nyari solusi dengan kepala dingin secara pelan2..

   Nahsetelah dipikir2 sambil semedi,ternyata ada benernya kalo masalah hidup itu adalah pengkualitasan diri untuk menuju masa depan yang cerah guys. pertanyaanya,gimana caranya supaya kita bisa mencari solusi untuk masalah yang sedang kita alami dengan efisien?

   Sejenak kita mundur ke masa duduk di bangku Sekolah Dasar,dimana mata pelajaran Bahasa Indonesia mengajarkan bahwa untuk menganalisa masalah (dulu keteranganya untuk membuat pertanyaan) itu menggunakan rumus 5w+1h yang di cetuskan oleh bapak Rudyard Kipling.

   Rumus dari beliau ini bisa Menjadi salah satu alangkah awal untuk menganalisa pemecahan masalah yang baik, yang melibatkan pemikiran investigasi.

   Daripada pusing2 langsung aja kita bahas,,
Ketika masalah di serang balik dengan pertanyaan 5w+1h,kemungkinan kita akan menemukan sebuah solusi untuk pemecahan masalahnya.Pertanyaan yang ditemukan oleh Rudyard Kipling ini berupa enam pertanyaan yang juga disebut sebagai analisa (5W+1H) yang terdiri dari beberapa pertanyaan sebagai berikut:

What?      >   Apa?
Who?       >   Siapa?
Where?   >    Di mana?
When?    >    Kapan?
Why?      >    Kenapa?
How?     >    Bagaimana?

   Enam poin pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang dapat membantu memecahkan masalah dan memicu ide-ide baru muncul di kepala.tapi seringnya orang2 menggunakan atau mengartikan pertanyaan-pertanyaan tersebut  secara salah,yang berakibat analisa yang dilakukan menjadi tidak maksimal.

6 point pertanyaan dari bapak kipling dalam pengaplikasianya yang benar adalah seperti contoh berikut:

* Apa masalahnya?
* Siapa saja yang terlibat?
* Di mana masalah ini terjadi ?
* Kapan masalah ini terjadi?
* Mengapa masalah ini terjadi?
* Dan Bagaimana kita bisa mengatasi masalah ini?

   Dengan aplikasi pertanyaan yang benar nantinya akan menghasilkan analisis permasalahan yang lengkap sehingga menghasilkan solusi yang tepat dan efisien.
Inget guys,masalah adalah salah satu metode Tuhan untuk mengkualitaskan kita,yang nantinya pasti berujung indah.karena produk yang berkualitas adalah produk yang sudah lulus uji (analogi anak ekonomi)
Sekian artikel rumusan untuk pemecahan masalah kali ini,semoga bermanfaat..

Freelance Creative dari Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Aku ucapkan selamat datang di website personalku. Disini adalah tempat aku melabuhkan karya desain, tulisan dan konten dalam bentuk video yang aku kerjakan. Bisa dari hasil project selasai, atau karya yang aku buat melalui hasil terjemahan dari isi kepala.

0 komentar:

Posting Komentar

Butuh Jasa Desain atau Editing Video ?

Contact Me
AJOZH JOHN
+62858 6964 6661
Batang, Jawa Tengah, Indonesia