Senin, 13 Februari 2017

VELENTINE DAYS : jangan persempit otak bahwa momentual hari kasih sayang itu identik yahudi...
VELENTINE DAYS : jangan persempit otak bahwa momentual hari kasih sayang itu identik yahudi





     Hari velentine,atau hari kasih sayang kalo menurut orang2 barat.tapi...
Banyak juga yang mempersempit klo valentine days cuma perayaan kaum yahudi untuk memperingati kematian st valentine.
Seperti halnya broadcast bbm,dp anti valentine dsb..

    Terlepas dari itu,timbul pertanyaan di benak gw,sebenernya gimana si sejarah valentine days ini?
Setelah gw nyari referensi sejarah valentine days,gw sempet baca dari berbagai versi,seperti versi wikipedia dll.

     Salah satu versi yang menurut gw paling asik buat di ulas adalah versi yang mengatakan kalo valentine days itu berawal dari kisah cinta st valentine.dan berikut ini gw sedikit share sejarah valentine days versi tersebut :

Sejarah Valentine Day versi Kisah St. Valentine

     Menurut versi ini,Valentine adalah seorang pendeta yang hidup di Roma pada abad ke-III. Dia hidup di kerajaan yang saat itu dipimpin oleh Kaisar Claudius yang terkenal kejam dan bringas. Nah si Valentine ini sangat benci sama kaisar tersebut. Claudius berambisi memiliki pasukan militer yang besar, dia ingin semua pria di kerajaannya bergabung di dalamya.

"Mau gak mau harus tetep gabung" = terpaksa guys..

     Tapi ambisi si claudius ini gak di dukung sama para pria saat itu.Para pria enggan terlibat dalam peperangan. Karena mereka gak ingin meninggalkan keluarga dan kekasih hatinya. Hal inilah membuat Claudius murka, dia segera memerintahkan pejabatnya untuk mewujudkan ide gilanya.

   Claudius berfikir bahwa jika pria gak nikah, mereka akan dengan senang hati ikut bergabung didalam kemiliteran. Lalu Claudius punya ide gila untuk melarang adanya pernikahan saat itu. Pasangan muda saat itu menganggap keputusan ini sangat gak masuk akal. Iyalah..

    Bayangin,lo jomblo satu minggu aja ngenesnya bukan main,lagian Tuhan kan menciptakan manusia berpasang-pasangan,nah si cloudius ini malah melarang pernikahan.anjrit..
Dengan adanya kebijakan sepihak dari kaisar cloudius ini,ada satu orang yang gak setuju alias menentang itu.dia adalah St. Valentine  yang menolak untuk melaksanakan kebijakan tersebut.

     St. Valentine tetap melaksanakan tugasnya sebagai pendeta, yaitu menikahkan para pasangan yang tengah jatuh cinta meskipun secara rahasia. Aksi grilya dari St Valentine ini akhirnya diketahui oleh sang kaisar yang segera memberinya peringatan, namun valentine gak ambil pusing terkait peringagan dari cloudius tersebut, dan tetap memberkati pernikahan meskipun dalam sebuah kapel kecil yang hanya diterangi cahaya lilin.

   Akhirnya pada suatu malam, valentine tertangkap basah memberkati salah satu pasangan. Pasangan tersebut berhasil melarikan diri, tapi nasib St. Valentine sedang kurang beruntung.Dia tertangkap. Valentine lalu dijebloskan ke penjara dengan vonis hukuman mati dipenggal kepalanya. Bukannya dihina oleh orang-orang, St. Valentine malah dikunjungi banyak orang yang mendukung aksinya itu. Mereka melemparkan bunga dan pesan berisi dukungan di jendela penjara dimana st Valentine ditahan.

     Salah satu dari orang-orang yang percaya pada cinta kasih itu adalah putri penjaga penjara sendiri. Ayah mengijinkan putrinya untuk mengunjungi St. Valentine. gak jarang mereka berbicara lama sekali. Si cewek putri sipir ini yang menumbuhkan kembali semangat sang pendeta. Ia setuju bahwa St. Valentine telah melakukan hal yang benar.

     Pada hari saat ia dipenggal kepalanya, pada tanggal 14 Februari (gw gak gak tau tahunya) St. Valentine menyempatkan diri menuliskan sebuah pesan untuk si putri sipir penjara tadi, dimana di akhir pesan itu dia menuliskan
"Dengan Cinta dari Valentinemu"

Ternyata mereka udah jatuh cinta guys!
Si valentine menulis surat cinta sebelum kematianya..cieh.

     Pesan itulah yang kemudian mengubah segalanya. Dan kini, setiap tanggal 14 Februari orang di berbagai belahan dunia merayakannya sebagai hari kasih sayang. Orang-orang yang merayakan hari itu untuk mengingat St. Valentine sebagai pejuang cinta, sementara kaisar Claudius dikenang sebagai seseorang yang berusaha mengenyahkan cinta.

     Itu sedikit sejarah tentang Valentine days yang gw baca.sebenernya gw sempet baca dari berbagai versi,dan semua intinya sama.
Hari kasih sayang mamentual...
Emang bener semua itu untuk memperingati st valentine dan kisah cintanya.tapi yang gw bingung,banyak anak-anak yang masih cuma mengambil intisari dari Valentine days ini dengan yahudi.

Yang gw tanyakan,mereka yang anti valentine days ini udah tau betul belum tentang sejarah valentine dari berbagai versi?,sampai mengambil kesimpulan.

     intisari yang gw dapet dari apa yang gw baca,Valentine days adalah hari kasih sayang.Dan kasih sayang identik sama yang namanya cinta.nah cinta,itu pasti di rasakan oleh semua orang,monyet pun klo musim kawin cinta sama betinanya,baru nafsu dan akhirnya kawin.jadi valentine days gak cuma identik sama yahudi,kenapa? Karena valentine days adalah hari kasih sayang.dann kalo sudah berbicara kasih sayang,semua berhak mendapat bahkan merayakan kasih sayang dan cinta.gak harus melulu dengan pacar,dengan keluarga,sahabat,tetangga,pak lurah bahkan warga sekitar pun gak masalah.tapi beda klo menurut jones alay yang mungkin gak bisa ngerayain valentine bersama cintanya,valentine days cuma sekedar perayaan yahudi untuk st.valentine. udah gtu doang pengertianya.

     Menurut gw,yang di ambil bukan disitunya..
Tapi lebih ke meluapkan cinta dan kasih sayang dalam kemasan momentual,pada tanggal 14 Februari.

Entah sama pacar,sama sahabat,sama keluarga,sama dosen,sama hewan peliharaan,sama tembok,guling,batako atau yang lainya..karena sayang itu luas pengertianya,apalagi cinta.

     Dengan pengertian seperti itu,kita bisa lebih meluaskan lagi tentang Valentine days.
Dan gak cuma mengacu pada si st valentine,tapi lebih ke bagaimana dia meluapkan cinta dan kasih sayangnya terhadap putri sipir,dan memperjuangkan cinta yang di hapus oleh kaisar cloudius dengan kebijakan sepihaknya.dan siapapun yang merasakan cinta,gak masalah buat ngerayain Valentine days,tapi dengan melihat kembali orentasinya merayakan hari tersebut.

     Seperti ngasih coklat ke pacarnya sebagai tanda kasih sayang dan keseriusan cintanya misalnya.cuma misal!
Dan klo gak ngerayain momentual kasih sayang ini ya gapapa misalnya jones,jomblo fisabilillah,dan jenis2 jomblo yang lain.klo mau ngerayain asal orentasinya gak ke st valentine gapapa,gak.ngerayain juga gapapa,tapi jangan ngejelek2in budaya yang ada.simple.

     Mentang2 valentine days identik dengan st valentine yang orang yahudi alias bukan satu kepercayaan,dan lo benci sampai ngebuat lo anti Valentine days.
Bola lampu itu yang menciptakan thomas alva edison,dia bukan muslim,tapi lo pake itu lampu di rumah.
Michael Faraday,penemu lampu juga bukan muslim,tapi lo pake itu buat ngecarge smartphone.

pelajaran apa yang bisa kita ambil dari ocehan gw diatas? Kita harus tetap saling menghormati,baik dalam budaya dan kepercayaan atau apapun.klo lo suka,dan menurut lo itu baik,lakuin.klo gak suka ya jangan menghina.

Oke sekian pandangan gw terhadap Valentine days,semua kembali kepada pendapat masing2.Sekian artikel kali ini,Selamat hari kasih sayang buat yang merayakan dan semoga kita semua senantiasa dalam naungan cinta Tuhan semesta alam Yang Maha Agung.

Freelance Creative dari Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Aku ucapkan selamat datang di website personalku. Disini adalah tempat aku melabuhkan karya desain, tulisan dan konten dalam bentuk video yang aku kerjakan. Bisa dari hasil project selasai, atau karya yang aku buat melalui hasil terjemahan dari isi kepala.

0 komentar:

Posting Komentar

Butuh Jasa Desain atau Editing Video ?

Contact Me
AJOZH JOHN
+62858 6964 6661
Batang, Jawa Tengah, Indonesia